SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BATAM

Senin, 18 Januari 2016

Tingkatkan SDM Warga Binaan, Lapas Barelang Galakkan Kelompok Belajar

Warga binaan antusias mengikuti program belajar mengajar yang digelar Lapas BarelangBatam – Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia narapidana (Napi) setelah bebas dan kembali kepada masyarakat, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Barelang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Universitas Kepulauan Riau (Unrika) Batam membentuk kelompok belajar (Kejar) paket A, B dan C.
Kepala Seksi Bimbingan Napi dan Anak Didik, Lapas Kelas II A Barelang, Lutfiyanto mengatakan, program mandiri dari Lapas tersebut diselenggarakan agar masyrakat tidak memandang sebelah mata kepada napi, sebagai warga binaan. Dengan cara ini, diharapkan dapat merubah nasib mereka setelah bebas, dengan membawa bekal ilmu pendidikan formal.

“Untuk proses belajarnya tetap normal seperti pendidikan umum lainnya. Mereka masuk mulai senin hingga sabtu. Tapi khusus di hari sabtu, pembimbingnya berasal dari dosen UNRIKA, sedangkan pada hari biasa, pembimbingnya adalah napi yang berpendidikan di atas D3 yang sudah mendapatkan penilaian tingkah laku,” ungkapnya kepada Keprinet.com.
Ketua Sanggar Kelompok Belajar (SKB) Tunas Bangsa Lapas Barelang ini melanjutkan, selain pendidikan formal, warga binaan jika mendapatkan pelatihan vokal bahasa Inggris yang diadakan setiap selasa dan kamis dan hingga saat ini sudah diikuti 32 napi.
“Ini semua berkat adanya kepedulian masyarakat yang ingin berbagi ilmu bahasa Inggris, jadi kenapa tidak kita terima,” jelasnya.
Pantuan Keprinet.com, warga binaan yang mengikuti proses belajar mengajar terlihat antusias mengikuti program pendidikan yang diadakan oleh Lapas Barelang. Semua kursi di ruang belajar dipenuhi oleh napi pria maupun wanita.
“Saat ini kami tengah mempersiapkan siswa-siswa SKB Tunas Bangsa untuk mengikuti ujian April dan Mei nanti. Pengawas ujian akan berasal dari Dinas Pendidikan Batam dan juga SKB,” tuturnya.(ryan)
Sumber : Keprinet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

BERITA NASIONAL TERBARU