SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BATAM

Senin, 19 Agustus 2013

Lapas Barelang Diklaim Bebas Narkoba, Semua Pegawai Sudah Dicek




Foto: batamtoday.com
 Bisnis-kepri.com, BATAM – Pengelola Lembaga Pemasyarakatan Barelang mengklaim Lapas dan pegawai bebas dari peredaran dan penggunaan Narkoba.
Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Batam, Rempang dan Galang (Barelang) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kepulauan Riau memeriksa secara rutin urine semua pegawai untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di dalam penjara.


“Semua pegawai selalu menjalani tes urine yang kami lakukan bekerja sama dengan BNN Kepri. Kami juga memeriksa dengan menggeledah narapidana guna mencegah peredaran narkoba di dalam lapas,” kata Kepala Lapas Kelas II-A Barelang Batam, Farhan Hidayat di Batam, Sabtu (17/8/2013).
Ia mengatakan, dari hasil tes urine belum ada pegawai lapas yang positif pengguna narkoba, meski sebelumnya ada kecurigaan peredaran dan penggunaan narkoba melibatkan petugas.
“Hingga saat ini belum ada petugas yang terbukti terlibat peredaran maupun menggunakan narkoba,” kata dia.
Tes itu, kata dia, diharapkan mencegah peredaran narkoba di dalam penjara yang melibatkan petugas lapas.
“Sekitar 71% penghuni lapas merupakan narapidana kasus narkoba. Jadi harus dilakukan berbagai hal untuk menghindari peredaran narkoba di lapas,” kata Farhan.
Wakil Wali Kota Batam, Rudi meminta seluruh petugas lapas dan rutan di Batam memperhatikan hak-hak narapidana serta memberikan bimbingan agar saat bebas bisa kembali ke masyarakat.
“Hak-hak narapidana juga harus diperhatikan menghindari konflik yang mungkin terjadi. Konflik bisa berujung pada kerusuhan dan pelarian tahanan,” kata dia.
Rudi mengatakan akan berkoordinasi dengan kepala lapas dan rutan untuk menempatkan psikolog yang dimiliki mengantisipasi potensi kericuhan di tahanan.
“Jika dibutuhkan kami akan menempatkan psikolog di lapas dan rutan untuk mengetahui sifat tahanan sehingga perlakuan terhadap tahanan bisa disesuaikan dengan masing-masing karakternya,” kata Rudi.(ant)

Sumber : Bisniskepri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

BERITA NASIONAL TERBARU