SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BATAM

Selasa, 14 Februari 2012

TP. PKK Kota Batam Latih 48 Perempuan Binaan Lapas


Batam, Sebanyak 48 orang perempuan binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Barelang mendapatkan Pelatihan Membuat Burger Bun dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kota Batam pada Senin (13/2) di aula Lapas II A Barelang Batam. Pelatihan ini digelar untuk menciptakan perempuan yang kreatif dan produktif dalam keluarga serta sebagai salah satu bentuk dukungan moril juga kepedulian sosial TP. PKK Kota Batam terhadap kaum perempuan warga binaan Lapas, demikian dikatakan ketua panitia kegiatan, Ny. Erdawati Firmansyah dalam laporannya. Selain itu, kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja PKK Kota Batam pada kelompok kerja (pokja) I yang membidangi P4 dan gotong royong, jelas Ny. Erda.

Sementara itu Kepala Lapas II A Barelang, Sutrisman dalam kesempatan tersebut menjelaskan perbedaan Rumah Tahanan (Rutan) dengan Lapas. “Rutan adalah tahanan negara yang masih dalam proses hukum, sedangkan Lapas adalah tempat bagi tahanan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap”, ujar Sutrisman. Dikatakannya, saat ini penghuni Lapas Barelang berjumlah 890 orang, dan 48 orang diantaranya adalah perempuan. Dalam melakukan pembinaan, Lapas sangat membuka pintu bagi masyarakat untuk memberikan pelatihan kepada warga binaannya, karena menurut Sutrisman, Lapas tidak akan mungkin bisa melaksanakan pembinaan tanpa adanya dukungan masyarakat.  
 Pada bulan Maret nanti warga binaan Lapas Barelang akan mengikuti pameran di Gedung Sumatera untuk menampilkan hasil pelatihan keterampilan atau handycraft berupa kerajinan membuat bunga, tempat tisu dan kerajinan lainnya. Selain itu, baru-baru ini Lapas juga telah mendapatkan sertifikasi dari Dinas Pendidikan dalam program unggulan yang dijalankan, yakni sekolah Theologi bagi Nasrani/Kristen, Madrasah bagi ummat Islam dan Budha bagi ummat Budha, ucap Sutrisman.
 Dengan adanya kunjungan yang dilakukan PKK Kota Batam beserta rombongan yang terdiri dari Wakil Ketua I TP. PKK Kota Batam, Ny. Marlin Agustina Rudi, Kepala BPPKB Kota Batam, Ny. Nurmadiah, Camat Batu Aji, Hendriana Gustini, Wakil Ketua III, Ny. Suhartini, Wakil Ketua IV, Ny. Emilia Thamrin, Ketua Pokja I sampai IV TP. PKK Kota Batam, Ketua TP. PKK Kecamatan se Kota Batam, Perwakilan Dinas Sosial, Perwakilan Persatuan Istri Dewan (Piswan), Perwakilan Bhayangkari, Perwakilan Jalasenastri, Perwakilan Pikkori dan Perwakilan Persit Kartika Chandra Kirana, Sutrisman berharap momento ini bisa dimanfaatkan untuk silaturrahmi, berintegrasi, melihat kondi Lapas sebenarnya dan mendapatkan informasi langsung dari warga Lapas.
 Ketua TP. PKK Kota Batam, Ny. Mariana Ahmad Dahlan dalam sambutannya yang dibacakan kepala BPPKB Kota Batam, Ny. Nurmadiah mengatakan sesuai tema yang diusung Mewujudkan Wanita Kreatif dan Produktif Dalam Keluarga, diharapkan kaum perempuan binaan Lapas nantinya dapat memanfaatkan pelatihan yang diberikan untuk menambah penghasilan dan meningkatkan kemandirian diri. Kepada seluruh yang hadir Ny. Nurmadiah menghimbau agar tidak mengucilkan warga binaan Lapas, karena pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna. “Jangan jadikan kesalahan masa lalu sebagai awal kehancuran, akan tetapi jadikan ia sebagai pembelajaran untuk melangkah kemasa depan yang lebih baik lagi”, ucap Ny. Nurmadiah memberi semangat kepada perempuan warga binaan Lapas.
 Seluruh peserta tampak antusias memperhatikan penjelasan dan demo membuat burger bun yang dipraktekkan langsung oleh Wakil Ketua I TP. PKK Kota Batam, Ny. Marlin Agustina Rudi. Dalam acara tersebut TP. PKK Kota Batam juga memberikan bingkisan kepada perempuan warga binaan Lapas sebagai bentuk kepedulian sosial dalam rangka meringankan sedikit beban mereka. (*humas_crew nn/rs)
Sumber : Humas Pemko  Batam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

BERITA NASIONAL TERBARU