SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIA BATAM

Jumat, 19 Februari 2016

Warga Binaan Lapas Barelang Tampilkan Pentas Seni

Salah satu pementasan yang ditampilkan warga binaan Lapas Barelang.
Salah satu pementasan yang ditampilkan warga binaan Lapas Barelang.
Batam – Siapa yang menyangka, ternyata warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Barelang juga memiliki kemampuan dalam bidang seni.
Dalam pementasan yang dikemas dalam pergelaran sastra dan seni Parade Antologi Puisi II bertema “semua hanya mimpi”, puluhan narapidana (Napi) memperlihatkan kemampuannya terbaiknya di depan tamu undangan, di Aula Lapas, Sabtu (13/02).

Kasi Pembinan dan Anak Didik Lapas Kelas II Barelang, Lutfhiyanto mengatakan, selama proses pembinaan, warga binaan memang diberikan pembelajaran mengenai sastra dan seni seperti menulis puisi. Karya mereka lalu ditampilkan dalam suatu pentas yang di kemas dengan konsep berbeda.
“Dalam pergelaran ini, tiap napi dan tamu undangan diberikan kesempatan membacakan puisi karya mereka masing-masing. Selain pembacaan puisi, ada juga pentas teater dan dance dari warga binaan kami,” katanya.
Ketua panitia kegiatan ini melanjutkan, sebelumnya pergelaran pentas seni seperti ini juga pernah dilaksanakan Maret 2013 lalu. Bedanya, pada pergelaran kedua ini, pihaknya mengundang mahasiswa Unrika Batam, siswa SMK Kartini, SMKN 05 dan juga SKB Lapas Barelang.
Kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab pihaknya, untuk mengayomi dan membimbing warga binaan dalam berkreasi di bidang seni dan sastra. Dengan cara ini, diharapkan masyarakat luar dapat memahami dan peduli dengan warga binaan.
“Antusias warga binaan sangat besar untuk berkreasi, oleh karena itu pada 30 April nanti, memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan, kita akan menampilkan Kabaret Akbar Ramayana,” ujarnya.
Pantauan keprinet.com, pergelaran ini dihadiri seluruh penghuni lapas baik perempuan maupun laki-laki. Mereka mengenakan pakaian serba unik, sesuai dengan karakternya masing-masing. Tampak juga tamu undangan dari kalangan siswa dan mahasiswa dan lainnya, turut hanyut dalam suasana pementasa. Apalagi ruangan aula dihiasi dengan dekorasi bernuansa pedesaaan, foto-foto unik, serta hasil kerajinan tangan dari warga binaan yang tergabung dalam SKB Lapas barelang.(ryan)

Sumber : keprinet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

BERITA NASIONAL TERBARU